tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Kenali Penyebab dan 5 Cara Mengatasi Jaringan Internet yang Lemot

jaringan lemot

Pernah mengalami internetan lambat alias lemot? Kamu pasti akan bertanya-tanya kenapa jaringan lemot. Ternyata ada berbagai faktor yang mengakibatkan gangguan jaringan internet lemot, lho. Secara umum, ada tiga faktor utama yang dapat memengaruhi kualitas experience menggunakan layanan data, yaitu faktor dari operator, faktor dari pihak ketiga, dan faktor dari pengguna. Yuk, cek ulasannya satu per satu! 

Faktor Penyebab Jaringan Internet Lemot

1. Faktor dari operator

Untuk menguji kualitas jaringan operator, kamu bisa mengukur kecepatan akses layanan data melalui beberapa aplikasi, seperti Speed Test atau Open Signal. Namun, jika ternyata hasil uji kecepatan internet yang diuji sudah bagus tapi internet tetap lemot, itu artinya ada faktor lain yang bisa berpengaruh.

2. Faktor pihak ketiga

Bisa jadi masalah jaringan internet lemot ada di layanan pihak ketiga. Misalnya dari layanan aplikasi atau situs yang sedang kamu gunakan. Sebuah aplikasi pada umumnya berjalan dengan menggunakan server. Nah, kalau tiba-tiba kamu merasa kecepatan internet kamu menjadi lambat saat menggunakan aplikasi tertentu, maka penyebabnya bisa jadi dari server aplikasi yang sedang penuh atau overload.

Namun perlu diketahui, bahwa kejadian semacam ini belum tentu berlaku untuk semua aplikasi. Ada kalanya internet yang lambat hanya dirasakan di satu aplikasi saja. Misalnya, ketika kamu membuka aplikasi A internetnya lemot, tapi ketika membuka aplikasi B atau C internetnya lancar. Hal itu bisa jadi server aplikasi A sedang kelebihan kapasitas. Selain kapasitas server third-party, lokasi server juga berpengaruh terhadap performa pengiriman data. Server yang berada di Indonesia akan memiliki performa yang jauh lebih lancar karena bisa lebih dikontrol dibandingkan server yang berada di luar negeri.

3. Faktor pengguna

Jika faktor operator dan pihak ketiga tidak bermasalah, tapi internet tetap lemot, maka itu berarti faktor pengguna sendiri yang perlu di cek. Lokasi menentukan prestasi memang benar adanya. Sebab, faktor lokasi dan juga posisi kamu bisa sangat berpengaruh pada koneksi sinyal. Kelancaran berinternet bisa terganggu jika posisi kamu terhalang oleh gedung dengan tembok yang tebal. Sinyal juga akan terganggu jika kamu sedang berada di dalam basement.

Kemudian selain posisi, faktor perangkat juga berpengaruh. Kualitas dan umur smartphone, berpengaruh pada kemampuan ponsel dalam menangkap sinyal. Sebab, modem chip dalam smartphone berperan sangat penting dalam menangkap sinyal dan juga koneksi internet. Semakin lama usia chip modem dalam smartphone, maka sensitivitas antena untuk menangkap sinyal akan semakin menurun. Misalnya, jika smartphone diproduksi tahun 2015, maka bisa jadi di tahun 2022 ini kamu mulai mengalami gangguan koneksi.

Penggunaan kartu SIM yang sudah lama dan tidak diperbarui juga dapat berdampak pada lambatnya konektivitas. Penggunaan kartu SIM pada umumnya dapat bertahan hingga tiga tahun atau lebih. Namun, ada beberapa kasus umur kartu SIM yang singkat dikarenakan sering gonta-ganti kartu SIM. Pasang-cabut kartu SIM akan berpengaruh pada usia kartu SIM itu sendiri.

Memori smartphone atau RAM ternyata juga bisa mempengaruhi koneksi internet. Kamu mungkin lupa untuk menutup aplikasi sehingga aplikasi tersebut tetap berjalan di latar belakang. Nah, hal inilah yang bisa membuat  overheat atau sering nge-hang sehingga dapat berpengaruh terhadap pengiriman data atau koneksi internet. Selain itu, apabila smartphone memiliki kendala tertentu, maka kinerja perangkat saat mengirimkan sinyal data bisa jadi mengalami penurunan, meskipun sinyal bar di-smartphone terlihat penuh.

Tips Mengatasi Jaringan Lemot

Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan jaringan internet lemot. Sinyal wifi atau selular, jumlah perangkat, serta jangkauan sinyal bisa menjadi penyebabnya. Memang menyebalkan jika jaringan internet yang digunakan lemot. Nah, agar tidak mengalami internet lemot, kamu bisa mencoba cara mengatasi internet lemot berikut ini:

1. Restart ponsel

Cobalah restart ponsel kurang lebih selama 30 detik atau hingga ponsel kamu restart (mati dan menyala lagi). Ini adalah cara mengatasi internet lemot yang mudah dilakukan. 

2. Update pada ponsel

Periksa pembaruan ponsel kamu secara rutin. Update software ponsel bisa jadi akan memperlancar koneksi internet kamu. Walaupun cara mengatasi internet lemot yang satu ini jarang terjadi, namun bisa saja ini menjadi pemicu internet lemot. Terkadang aplikasi masih “menyedot” data walaupun sedang tidak digunakan, sehingga memberatkan kinerja ponsel secara keseluruhan. Aplikasi-aplikasi yang belum di-update juga dapat membuat ponsel jadi lebih keras bekerja sehingga mempengaruhi koneksi internet.

3. Penyimpanan

Memeriksa penyimpanan bisa dilakukan untuk mengetahui berapa kapasitas yang tersedia dalam ponsel. Kamu dapat melihat berapa banyak ruang yang tersedia di penyimpanan ponsel kamu. Apabila kapasitas penyimpanan tersedia kurang dari 10 persen dari kapasitas total, maka ponsel kamu dapat bermasalah.

4. Membersihkan cache

Satu hal yang juga sering terlupakan adalah ketika kamu berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, dan aplikasi yang sebelumnya digunakan tidak ditutup. Apa yang kamu lakukan ini akan menggunakan koneksi internet kamu untuk terus aktif. Kamu bisa secara rutin membersihkan cache yang ada di smartphone kamu, sehingga aplikasi yang tidak digunakan bisa benar-benar dihentikan operasionalnya. 

5. Cabut kartu SIM

Tips selanjutnya, kamu juga bisa coba mengeluarkan kartu SIM dari ponselmu dan memasukkannya kembali. Tujuan mencabut kartu SIM adalah supaya ponsel bisa mengatur ulang pencarian jaringan internet.

Baca juga: Mengulik Apa Saja Faktor yang Bisa Mempengaruhi Kecepatan Internet

Sebenarnya, masalah jaringan lemot yang paling mudah tapi sering terlupa adalah mengecek ketersediaan paket kuota internet. Saat sedang seru internetan lalu sinyal bermasalah, sebaiknya kamu mengecek sisa kuota internet terlebih dahulu. Supaya lebih nyaman dan bisa internetan sepanjang hari, saatnya beralih ke Smartfren. Dengan paket internet dari Smartfren, kamu bisa menikmati segala keuntungan dan kemudahannya. Produk dan layanan dari Smartfren selalu bisa diandalkan kapan dan di mana saja. Ada banyak pilihan paket internet yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan, langsung saja cek informasi selengkapnya, di sini!

Berita Lainnya

© Copyright 2024 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty